Islamic literature Headline

Tuesday, April 27, 2010

Ada Teman Non Muslim Bertanya Tentang Mendoakan Nabi SAW

Fikri - Jakarta

Assalamulaikum wr wb.

Saya mempunyai teman Non Muslim yang sedang belajar agama islam, dia mempunyai pertanyaan tentang kenapa Nabi Besar Muhammad SAW di doakan oleh umat islam demi keselamatan beliau, sedangkan di dlm al-quran Nabi Besar Muhammad SAW itu sendiri telah di janjikan Surga buat junjungan kita tersebut. Yang ingin saya tanyakan bisakan Pak Ustadz atau Ustadzah membantu saya untuk penjelasannya sesuai dengan al-quran sebagai kitab kita yang paling suci di muka bumi ini, sehingga nanti saya bisa jelakskan ke temen saya tersebut. Sebagai Informasi sedikit saya telah jelaskan bahwa selain Nabi Muhammad umat islam juga di suruh untuk tetap mendo`akan kedua ibu bapak mereka baik masih hidup atau sudah mati??? Pak Ustadz dan Ibu Ustadzah yang saya hormati apakah sedikit penjelasan saya tersebut salah?

Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.


Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Bershalawat itu maknanya banyak, tidak terbatas kepada doa semata. Karena itu di dalam Al-Quran Al-Karim kita menemukan adanya ayat yang menceritakan bahwa Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi SAW. Dan untuk itu umatnya pun diperintahkan untuk bershalawat kepada beliau juga.

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .(QS. Al-Ahzab : 56).

Allah SWT bershalawat kepada Nabi SAW ? Apakah maknanya Allah berdoa kepada Nabi ? Tentu saja bukan. Makna Allah SWT bershalawat kepada Nabi adalah bahwa Allah SWT memberinya rahmat. Dan makna para malaikat bershalawat kepada nabi adalah memintakan ampunan. Sedangkan bila shalawat itu dari orang mukmin maka maknanya adalah doa supaya beliau diberi rahmat dan kasing sayang.

Dan mendoakan seorang nabi tidak salah, karena salam yang kita sampaikan kepada orang yang bertemu dengan kita pun maknanya adalah doa. Kalimat Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh maknanya adalah ‘Semoga keselamatan terlimpah atasmu serta rahmat dan barkahnya.’.

Buat orang Islam, saling mendoakan satu sama lain adalah hal yang biasa dan telah menjadi syiar agama. Termasuk memberi salam kepada Rasulullah SAW dan bershalawat kepadanya.

Kalau kita mendoakan keselamatan dan kepada seseorang bukan berarti kita meyakjini bahwa dirinya ada dalam ketidak-selamatan. Doa keselamatan itu sama saja bila kita menyapa teman dengan mengatakan semoga Anda sekeluarga dalam keadaan sehat wal afiat. Apakah bila kita menyapa demikian berarti teman kita itu sekeluarga sedang dirawat di rumah sakit ? Tentu tidak, karena salam dan shalawat itu sifatnya syiar yang hidup di tengah sesama kita. Dan mendoakan keselamatan tidak berarti yang kita salami itu sedang sakit tidak bisa bangun.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.


sumber : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

0 komentar:

Post a Comment