Islamic literature Headline

Friday, May 14, 2010

Sampaikah Do'a Buat Kakek Yang Sudah Meninggal?

Rabbani - Qatar

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pak Ustadz, apakah akan sampai do'a seorang cucu buat kakeknya yang sudah meninggal? Kemudian apakah akan sampai juga berkahnya baca alquran (baca surat Yasin)?

Terimakasih Wassalam

Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Masalah yang Anda tanyakan ini sudah sering kali kami jawab di dalam situs ini, silahkan Anda cari sendiri. Namun sekedar jawaban singkat, kami sampaikan beberapa hal :

Hampir semua ulama (jumhur) sepakata bahwa pahala orang yang beramal di dunia ini bisa dihadiahkan kepada orang yang sudah wafat. Bahkan syaikhul Islam Ibnu Taymiyah pun berpendapat yang sama. Sebab ada sekian banyak dalil yang memberi pemahaman bahwa hal itu dimungkinkan.

Kecuali ada beberapa kalangan dari ulama yang berpendapat bahwa pahala tidak bisa dikirimkan kepada orang yang sudah wafat. Diantara yang berpendapat demikian adalah Al-Imam Asy-Syafi'i. Menurut beliau, bacaan ayat Al-Quran Al-Kariem termasuk bacaan al-Fatihah itu tidak bisa dihadiahkan pahalanya kepada orang yang sudah wafat.

Menurut beliau, setiap orang menanggung pahala dan dosa masing-masing. Dan bila sudah wafat, maka tidak ada lagi transfer pahala antara orang yang hidup dan yang mati.

Lucunya, meski di negeri kita ini umumnya bermazhab Asy-Syafi'iyah, tapi pada prakteknya umat ini lebih sering berkeyakinan sebaliknya dari pendapat mazhabnya. Adanya acara tahlilan dan sejenisnya adalah sebuah aktifitas yang berangkat dari pemahaman bahwa pahala bacaan Al-Quran Al-Kariem bisa dikirimkan kepada orang yang sudah wafat. Persis seperti pendapat Ibnu Taymiyah dan para ulama yang di negeri ini kurang dikenal luas.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.


sumber : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

0 komentar:

Post a Comment